media

Rabu, 27 Februari 2008

tutorial excel 2

Entri data
Data yang berada dalam excel terdiri dari teks, angka, tanggal, waktu, rumusatau formula dan fungsi.

Jenis data
Jenis data pada Microsoft Excel di bedakan menjadi beberapa bagian, yaitu

1.1 Karakter/teks
Microsoft Excel akan membaca data sebagai data karakter apabila :
dimulai dengan huruf A sampai Z, misalnya penulisan Disket, Mouse dan lain sebagainya.
Gabungan antara huruf dan angka atau angka dan huruf termasuk spasi misalnya penulisan LK4, 1TR dan seterusnya.

1.2 Numerik/angka
Data pada Microsoft Excel dikategorikan berjenis angka (Numeric) apabila data tersebut berwujud 0 sampai dengan 9 kita dapat memasukan karakter khusus misalnya : +,-,( ) dan %. Untuk data decimal di awali dengan angka 0, misalnya 0.25 dan data negative diawali dengan minus (-) atau kurung( ).

1.3 Tanggal
Memasukan data tanggal ini haruslah sesuai dengan format tanggal yang ada pada Microsoft Excel. Format tersebut umumnya adalah DD/MM/YY atau MM/DD/YY, atau dengan pemisah tanda minus yaitu DD-MM-YY atau MM-DD-YY, dimana DD adalah tanggal (date), MM adalah bulan (month) dan YY adalah tahun(year) misalnya tanggal 16 agustus 1994, diketik pad a lembar kerja Microsoft Excel dengan kaidah DD/MM/YY, sehingga ditulis 16/8/94 atau dengan kaidah MM/DD/YY, sehingga ditulis 8/16/1994

1.4 Waktu
Memasukan data waktu/jam ini haruslah sesuai dengan format waktu yang pada Microsoft Excel format tersebut adalah : HH:MM:SS atau HH:MM:SS am/pm, dimana HH adalah jam (hour), MM adalah menit (minute), dan SS adalah detik (second). Apabila menyertakan am atau pm dalam penulisan waktu/jam tersebut, haruslah dipisah dengan spasi, misalnya jam 10.30 am. Data waktu/jam ini akan ditempatkan dengan format rata kanan (right align).

1.5 Formula/rumus
Memasukan data formula/rumus pada lembar kerja Microsoft Excel berupa rumus matematika dengan operator aritmatik +,-,/,* dan ^. Urutan proses operator aritmatik ini adalah pangkat (6), perkalian (*), pembagian ( / ), penambahan (+) dan pengurangan (-). Apabila perhitungan tersebut berada dalam tanda kurung (…), maka perhitungan ini yang akan dilakukan terlebih dahulu oleh Microsoft Excel.
Setiap perhitungan dalam Microsoft Excel harus didahului dengan lambang sama dengan ( = ), misalnya pada cell c5 terdapat rumus = A10*B5, maka data numeric yang berada dalam cell B5 dan hasilnya akan ditempatkan pada numeric yang berada dalam cell B5 dan hasilnya akan di tempatkan pada cell B5.





Langkah – langkah yang digunakan untuk melakukan perhitungan diatas adalah :

Tempatkan pointer pada sel D2.
ketik tanda sama dengan (=).
Klik alamat sel A2.
Klik tanda kali (*).
Klik alamat sel C2.
tekan enter.




Ketik
Hasil sebagai berikut :




1.6 Fungsi
Microsoft Excel menyediakan beberapa fungsi yang siap pakai, yaitu fungsi yang umum di gunakan (Most Recent Used), fungsi keuangan (Financial), (Match & Trig), fungsi logika (logical) dan fungsi informasi (information). Untuk menggunakan fungsi tersebut dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

1.7 Menuliskan fungsi pada alamat sel yang akan di isi
Yang terpenting dalam menuliskan fungsi ini adalah kita harus memahami struktur atau bentuk dari fungsi tersebut, misalnya fungsi SUM. Bentuk umum dari fungsi tersebut adalah SUM (number1, number2,…). Langkah yang digunakan untuk menerapkan fungsi ini adalah :

1. Klik alamat yang akan di isi fungsi, misalnya D7.
2. Ketik tanda =SUM(
3. Sorot range D2 sampai dengan D6 (range D2:D6)
4. Ketik kurung tutup ).



Hasil sebagai berikut :


Memasukan data berurutan

Untuk memasukan data berurutan, misalnya data angka, tanggal dan data teks pada lembar kerja Microsoft Excel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Klik alamatsel A1 dan ketik angka 1.
2. Klik alamat sel A2 dan ketik angka 2.
3. Sorot range A1:A2
4. Tempatkan mouse di pojok kanan bawah dari range tersebut (pada posisi pojok kanan bawah pada alamat sel A2), sehingga membentuk tanda +.
5. Dragging dan geser mouse ke bawah sesuai dengan jumlah dat yang diinginkan, misalnya sampai alamat sel A10.
6. Jika data yang di isi telah sesuai dengan keinginan, lepaskan tombol mouse.


5.1 Menggunakan menu bar Auto fill

Langkah yang digunakan untuk memasukan data brurutan dengan fasilitas Fill series yang berada pada menu bar Edit adalah sebagai berikut :
1. Klik sel awal yang akan diisi data, misalnya alamat sel A2.
2. Klik data awal misalnya 1.
3. Posisi pointer tetap pada alamat sel awal tersebut. Kemudian KLik menu ber Edit, kemudian arahkan pada pilihan fill.
4. Klik pilihan Series … kotak dialog akan terlihat sebagai berikut :


Rows : Data akan berurutwan secara baris (horizontal).
Columns :Data akan berurutan secara kolom (vertical)
Linear : Data akan berurutan menurut deret hitung, dimana data akan ditambah atau dikurangi menurut internal tertentu.
Growth : Data akan berurutan menurut deret ukur, dimana nilai berikutnya merupakan perkalian antara nilai yang bersangkutan dengan nilai interval pada step value.
Date : Data akan berurutan menurut data tanggal pengisian data berurutan tergantung pada date unitnya. Date unit terdiri dari Day ( pengisian urutan da ta berdasarkan hari), Weekday ( pengisian urutan data berdasarkan bulan) dan Year (pengisian urutan data berdasarkan tahun)
Auto fill : Data secara otomatis akan berurutan sesuak dengan nilai awal dari data tersebut.
Step value : Nilai kenaikan dari data.
Stop value : Nilai akhir dari data.

5. Pada pilihan series ini, klik columns.
6. Pada pilihan tipe klik Linear.
7. Pada pilihan step value, isi angka 1.
8. pada pilihan Stop, isi angka 12.
9. Klik ok.

5.2 Menambah data pada custom List.
Costom list merupakan fasilitas yang di sediakan oleh Microsoft Excel untuk mengisi berurutan berjenis teks. Secara default custom list ini berisi data teks hari dan bulan sesuai dengan Regional Setting yang ada pada pad computer. Kita dapat menambah data teks pada Custom list ini sesuai dengan kebutuhan, misalnya data teks Hari Pasaran.
Langkah yang digunakan untuk menambah data tersebut adalah sebagai berikut :
1. Klik menu bar Tools, kemudian pilih option, dilayar akan terlihat kotak dialog options sebagai berikut :

2. Klik tab custom list.
3. Klik tombol Add ( perhatikan posisi kursor akan pindah pada pilihan list entries)
4. Ketik data pasaran dengan cara : ketik pon kemudian enter, wage-enter, kliwon-enter, legi-enter, pahing-enter.
5. Klik tombol ok.

Cara yang digunakan untuk mengaktifkan atau menggunakan daftar pada custom list ini pada lembar kerja adalah sebagai berikut :
tempatkan pointer pada alamat sel yang diinginkan, misalnya pada sel A1.
ketik kata pon, kemudian akhiri dengan enter.
Tempatkan mouse pointer di pojok kanan bawah pada alamat sel A1, sehingga muncul tanda +.
dragging atau geser ke bawah sesuai dengan keinginan, misalnya sampai alamat sel A9.
jika data telah sesuai dengan keinginan, lepaskan tombol mouse perhatikan hasil proses tersebut pada lembar kerja berikut ini :

Senin, 25 Februari 2008

ektaweb

Hallo dunia

Hallo dunia ... Hallo dunia ... itulah yang muncul saat saya berhasil membuat web yang cukup sederhana tapi bermanfaat ini, hal yang terpenting adalah bagaimana usaha saya untuk mencapai kesuksesan dalam mencapai hal-hal yang saya inginkan tersebut disamping itu dukungan dan motivasi yang bertujuan untuk membangun web ini selalu saya tunggu karena tanpa itu saya tidak akan pernah dan tidak mungkin menjadi seperti apa yang saya harapkan.